Sang Pembelajar

Senantiasa berusaha belajar menjadi yang terbaik agar bisa berdaya guna bagi masyarakat sekitarnya

Rabu, 06 April 2011

PROSES

Hidup ini adalah proses...coba kalau kita ingat pelajaran biologi atau pelajaran dari film Harun Yahya tentang kehidupan. Ternyata memang sejak dari sononya kita sudah berproses...keluaran dari proses itulah sekarang diri kita ini..Inilah hasil terbaik dari mata rantai proses kehidupan lain.
Kalau bicara proses kehidupan, ternyata dalam belajar kehidupan pun kita mengalami proses belajar yang luar biasa. Mulai dari sekolah formal maupun sekolah informal yaitu sekolah kehidupan.
Pada saat ini saya ingin mempelajari proses kematangan jiwa kita. Pernahkah kita sadari bahwa interaksi kita dengan berbagai macam manusia itu juga merupakan proses kehidupan kita..Baik itu susah maupun suka, sedih maupun gembira....semua itu proses kehidupan.. sering kali kita kalah dalam proses kehidupan yang satu ini. Ego kita sebagai makhluk mengalahkan nalar dan rasionalitas kita. Bahkan tanpa sadar itu malah jadi menghancurkan. Masalah itu pasti..memecahkan masalah itu adalah tantangan sekaligus merupakan proses belajar kita untuk menuju anak tangga kedewasaan.. Disinilah proses belajar kita yang paling sulit karena ini meyangkut sisi emosi kita, sisi kemanusiaan kita yang paling asasi..bahkan juga ego kita..Tidak semua orang mampu menghadapi proses belajar ini karena ini adalah mata rantai kesempurnaan kita sebagai manusia. Akan tetapi bukan berarti kita tidak bisa menjalani proses ini. Semua kembali kepada kita, apakah kita bisa belajar menikmati proses itu atau kah sebaliknya kita meratapi proses belajar itu..Itu semua akan melahirkan pribadi kita yang seutuhnya..Disinilah mutiara kehidupan bagi kita mengapa kita diciptakan dalam berbagai kondisi dan keadaan agar kita bisa belajar dari proses interaksi kita dengan manusia yang itu merupakan sarana menuju kedewasaan dan kesempurnaan kita sebagai manusia. Untuk itu teman..mari kita nikmati proses kehidupan kita sebagai proses belajar yang tiada henti karena kita akan menjadi manusia yang lebih berarti dalam kehidupan ini..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar